Tuesday, May 8, 2018

langsung "Program Hamil" setelah menikah || Part 2 ||

Lanjutan dari PART 1

Akhirnya setelah 10 hari mengkonsumsi pil regumen, saya haid di hari ke 14 yaitu tepatnya tgl 28 Agustus. Kemudian hari ke 15 saya menemui dr. Maryana kembali. Dikunjungan kali ini saya di resep kan obat hormon "Cyclo Progynova" bentuknya seperti pil KB, ada 21 butir dan harus diminum rutin setiap hari dan di jam yang sama setiap hari nya. Isi obat ini adalah hormon-hormon yang mendukung saat terjadinya ovulasi (proses keluarnya sel telur dari ovarium) sehingga jika tidak berhasil dibuahi oleh sperma, akan menjadi menstruasi.

Cyclo Progynova 3 box untuk 3 siklus


isi dalamnya 21 butir (tampak depan)

isi dalamnya 21 butir (tampak belakang)






























Saya dapat 1 box Cyclo Progynova yaitu untuk 1 siklus. Aturan minum yang diberikan dokter saat itu adalah, mulai konsumsi di haid hari kedua sampai 21hari kedepan. Lalu jeda 7 hari tanpa obat. Jika tubuh menerima baik hormon maka disaat jeda diantara 7 hari itu, akan terjadi haid.

Disaat haid, saya disuruh datang kembali ke dr. Maryana dan benar saya haid di hari ke 5 saat jeda obat. Lalu saya mengunjungi RS lagi dan mendapatkan Cyclo Progynova langsung sebanyak 2 box untuk 2 siklus haid karena bulan depannya saya tidak bisa kontrol di Batam lagi, saya mulai menyusul suami saya di Pontianak. Dokter berharap setelah habis 3 siklus cyclo, tubuh saya akan terbiasa memproduksi hormon seimbang tanpa obat lagi dan haid akan lancar seterusnya.

Berikut ini siklus haid saya selama mengkonsumsi Cyclo Progynova.

Minum regumen dan saya haid di tanggal :
28 Agustus 2017
29 Agustus 2017, mulai konsumsi cyclo siklus pertama
18 September 2017, cyclo siklus pertama habis (21hari)
23 September 2017, haid datang di hari ke 5 jeda obat

Siklus kedua Cyclo Progynova:
26 September 2017, konsumsi cyclo siklus kedua (paham kan kenapa mulai minum di tgl ini ?? Karena jeda obat harus 7 hari dan saya masih sisa 2 hari, jadi cyclo mulai diminum lagi 23 sept + 2hari = 26 september)
16 Oktober 2017, cyclo siklus kedua habis (21hari)
21 Oktober 2017, haid datang di hari ke 5 jeda obat (berarti siklusnya baik tepat sama persis bulan sebelumnya)

Siklus ketiga Cyclo Progynova :
24 Oktober 2017, konsumsi cyclo siklus ketiga (mulai minum di tanggal ini kasusnya sama seperti bulan lalu yah, ada jeda obat sisa 2 hari)
13 Nov 2017, cyclo habis siklus ketiga (21hari)
18 Nov 2017, haid datang dihari ke 5 jeda obat (siklus haid teratur 3bulan ini dibantu dengan obat)

Posisi saya bulan November 2017 sudah di Pontianak dan tidak bisa kontrol ke dr. Maryana di Batam, akhirnya setelah obat habis, saya stop obat dan mau lihat bagaimana haid saya bulan depan, apakah akan datang tepat waktu tanpa obat.

Selama konsumsi cyclo, saya selalu rutin minum asam folat 400mg 1xsehari setiap hari. Asam folat penting buat janin untuk menghindari kecacatan pada janin, disarankan sudah diminum sejak promil agar jika terjadi kehamilan, tubuh si ibu sudah memiliki cukup asam folat untuk janinnya sejak awal. Saya persiapan saja, karena banyak juga yg berhasil hamil sebelum habis 3 siklus konsumsi cyclo.

Apakah saya berhasil haid tanpa obat bulan depannya?
Atau bahkan mungkin saya berhasil hamil bulan depannya?


Next di PART 3 ya.

2 comments:

  1. Mba sya mau tanya.. itu tmn mba yg ktanya setelah 3 siklus minum cyclo buln dpnny kn lngsung isi? ktauan hamilny pas telat brpa lama?
    trimkasih

    ReplyDelete
  2. Teman saya langsung telat ga lama mba, bgitu tau ga haid dia testpack dan positif

    ReplyDelete